UJI
KONEKSI JARINGAN DENGAN PERINTAH "ping"
Bila kita merupakan pelanggan
layanan internet terutama telkom speedy barangkali pernah mengalami ataupun
mendapati kesulitan untuk membuka halaman web atau browsing, padahal indikator
LAN (Local area conection) conected atau tersambung. Hal ini biasanya
disebabkan gangguan karena modem belum terhubung ke internet, atau karena line
telpon putus, splitter yang mengalami adanya korosi atau memang kondisi modem
yang perlu setting ulang. Indikator Local area conection yang ada dikomputer
itu hanya menunjukkan koneksi dari PC ke modem, sedangkan untuk mengetahui
apakah modem sudah tersambung ke internet atau belum, bisa dengan perintah
“ping” dari command prompt atau DOS.
Ping adalah sebuah program utilitis yang dapat digunakan untuk memeriksa konektivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Dengan menggunakan utiliti ini, anda dapat menguji apakah sebuah komputer terhubung dengan komputer lainnya atau internet. Hal ini dilakukan dengan mengirim sebuah paket kepada alamat IP yang hendak diujicoba konektivitasnya dan menunggu respon darinya.
Untuk pengguna windows, cara nge- ping untuk menguji konektivitas sebagai berikut:
1. klik Start -> Run, ketik “cmd” (tanpa tanda petik).
2. ketik Ping[spasi]alamat IP yang dituju. misal ping 192.168.1.2 lalu enter.
akan kita lihat hasil penge-ping-an
Untuk menjamin pengujian ini benar kita aperlu teliti dalam pengetikan perintah. Bila pengetikan keliru meskipun hanya satu huruf/karakter maka perintah tidak dapat dikenali. Bila jaringan ternyata mengalami gangguan atau tidak adanya koneksi maka hasil penge-ping-an kan muncul seperti berikut :
Kegunaan perintah "ping" ini akan memudahkan kita ketika praktik di laboratorium komputer yang telah memiliki jaringan LAN. Karena kita dapat menguji apakah komputer yang kita gunakan terhubung ke komputer lainnya ataukah tidak. Sehingga kita dapat mengetahui komputer kita bisa berbagi dan berkomunikasi dengan komputer lainnya.
Ping adalah sebuah program utilitis yang dapat digunakan untuk memeriksa konektivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Dengan menggunakan utiliti ini, anda dapat menguji apakah sebuah komputer terhubung dengan komputer lainnya atau internet. Hal ini dilakukan dengan mengirim sebuah paket kepada alamat IP yang hendak diujicoba konektivitasnya dan menunggu respon darinya.
Untuk pengguna windows, cara nge- ping untuk menguji konektivitas sebagai berikut:
1. klik Start -> Run, ketik “cmd” (tanpa tanda petik).
2. ketik Ping[spasi]alamat IP yang dituju. misal ping 192.168.1.2 lalu enter.
akan kita lihat hasil penge-ping-an
Untuk menjamin pengujian ini benar kita aperlu teliti dalam pengetikan perintah. Bila pengetikan keliru meskipun hanya satu huruf/karakter maka perintah tidak dapat dikenali. Bila jaringan ternyata mengalami gangguan atau tidak adanya koneksi maka hasil penge-ping-an kan muncul seperti berikut :
Kegunaan perintah "ping" ini akan memudahkan kita ketika praktik di laboratorium komputer yang telah memiliki jaringan LAN. Karena kita dapat menguji apakah komputer yang kita gunakan terhubung ke komputer lainnya ataukah tidak. Sehingga kita dapat mengetahui komputer kita bisa berbagi dan berkomunikasi dengan komputer lainnya.
Requst Time Out Dan Destination Host Unreachable Pada Sebuah Jaringan
Pengertian Request Time Out (RTO) – Requst Time Out adalah ketika Komputer server tidak merespon permintaan koneksi dari klien setelah beberapa lama (jangka waktu timeout bervariasi) antara lain karena:Penyebab RTO (request time out) :
1. Utilisasi/pemakaian bandwidth sudah penuh. solusi harus upgrade kecepatan.
2. Kualitas akses jaringan (wireless/wireline) kurang bagus.
3. website yang dituju memiliki delay yang tinggi, sehingga ping timeout.
4. Koneksi ke IP tersebut putus, atau
5. Port di komputer tersebut ditutup
6. Adanya Firewall
7. Kabel rusak atau tidak terpasang.
Cara Mengatasinya :
Check kembali penulisan IP Tujuan pada sintaks ping
Check kembali apakah pemasangan kabel sudah tepat di Komputer tujuan
Check kembali NetID pada computer tujuan
Matikan Firewall di kedua computer (Cara Matikan Firewall)
Destination unreachable, terjadi jika host, jaringan, port atau protokol
tertentu tidak dapat dijangkau. Komunikasi di jaringan tergantung dari beberapa kondisi yang ditemui.
Pertama, protokol TCP/IP harus dikonfigurasi untuk device yang mengirim dan menerima data. Termasuk pemasangan protokol TCP/IP dan konfigurasi alamat IP dan subnet mask. Default gateway juga harus dikonfigurasi jika datagram keluar jaringan local. Kedua, device harus ditempatkan untuk melewatkan datagram dari device asal dan jaringannya ke device tujuan. Router juga harus mempunyai protokol TCP/IP yang dikonfigurasi di interface-interfacenya dan harus menggunakan protokol routing tertentu.
Jika kondisi tidak ditemukan, kemudian komunikasi jaringan tidak dapat dilakukan. Device pengirim mengalamatkan datagram ke IP address yang tidak ada atau ke device tujuan yang tidak terhubung ke jaringan. Router dapat juga sebagai titik kesalahan jika koneksi interface putus atau jika router tidak memiliki informasi yang berguna untuk menemukan jaringan tujuan. Jika jaringan tujuan tidak dapat diakses, hal seperti ini disebut dengan unreachable destination.
Jika anda menemui pesan “Destination Host Unreachable” saat melakukan tes koneksi via Command Prompt pada komputer Windows anda ,maka ada 3 masalah yang harus di perbaiki :
1. Kabel jaringan,LAN Card atau Wireless USB kemungkinan tidak terhubung ke PC atau
perangkatnya rusak
2. HUB/SWITCH tidak di nyalakan atau rusak
3. Status “Local Area Connection” masih “Disable” pada Network Connection di
Control Panel
Penyelesaiannya :
Masalah 1 : hubungkan perangkat jaringan tersebut dengan baik pada posisinya,jika
perangkat rusak maka perlu di ganti posisi PCI untuk LAN Card ke slot
yang baru(jika tidak berdampak sama sekali maka gantilah dengan baru),
Jika perangkat adalah Wireless USB,maka pastikan lampu indicator menyala
dan coba di pindahkan ke port USB yang lain (jika tidak berdampak sama
sekali maka gantilah perangkat dengan yang baru).
Masalah 2 : Nyalakan HU/SWITCH dan coba pindahkan kabel jaringan komputer target ke
slot yang lain ,lalu coba tes koneksi lagi.Jika tidak ada perubahan
setelah di cek dengan penyelesaian masalah 1 maka dapat di pastikan
HUB/SWITCH anda rusak,sehingga harus di perbaiki atau di ganti dengan
yang baru.
Masalah 3 : Klik kanan pada Local Area Connection yang disable dengan warna abu abu
lalu klik enable dan coba lakukan tes koneksi lagi.
Reply
Jika muncul pesan replay artinya ada balasan atau respon dari komputer atau perangkat tujuan. Perangkat tujuan memberi kabar balik bahwa kiriman sudah diterima. Hal ini bisa disimpulkan bahwa perangkat komputer itu masih berpartisipasi aktif dalam jaringan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar